Halloween party ideas 2015

Mari kita belajar memahami fungsi serta cara menggunakan Pen Tool CorelDRAW , jika pada potingan sebelumnya kita sudah membahas secara lengkap mengenai  maka dalam kesempatan ini kita akan melajutkan pada tool di bawahnya agar potingan Dasar CorelDRAW ini bisa semakin lengkap.

Dan berikut adalah pembahasan lengkap dari Pen Tool CorelDRAW.

 Aktifkan Pen Tool

Langkah pertama  kamu mengaktifkan Pen tool dengan cara klik ikon  di bagian tool box CorelDRAW, sampai pointer nya berubah menjadi seperti ini  

 Mulai Belajar Membuat Curve Terbuka

Pada bagian lembar kerja, klik kiri pada titik tertentu yang akan dicadikan titik awal untuk mulai membuat curve hingga muncul penanda biru langit seperti berikut
kemudian geser pointer ke titik lain kemudian klik kiri pada mouse, maka akan terbentuk curve berupa line yang akan menghubungkan kedua titik tadi. 
Nah sampai disini kamu pasti sudah ada bayangan mengenai langkah kerja Pen tool, sekarang cobalah geser pointer ke titik lain kemudian klik kiri.
Seperti yang kita lihat, setiap kita melakukan klik kiri pada titik tertentu maka akan muncul line yang akan menghbungkan titik yang satu dengan titik yang lainnya.

Sampai disini saya rasa kamu sudah mengerti langkah kerja Pen tool di CorelDRAW, tapi diatas hanya berupa curve garis lurus, lalu bagaimana cara membuat curve yang melengkung?

Untuk membengkokkan curve cara mirip sama dengan diatas, yaitu dengan cara klik kiri pada titik tertentu yang akan dicadikan titik awal untuk mulai membuat curve hingga muncul penanda biru, kemudian kemudian geser pointer ke titik lain kemudian klik kiri pada mouse, bedanya adalah klik kiri pada mouse ditahan kemudian geser pointer ketitik lain dan klik kiri pada mouse tetap ditahan hingga muncul garis putus-putus berwarna biru langit, yang bisa kita gunakan untuk mengontrol lengkungan pada curve
Nah, sekarang kamu sudah mengerti kan, coba pindahkan poiter ke titik lain kemudian klik kiri pada titik tersebut dan kembali buat garis melengkung.
Sekarang saya yakin kamu sudah semakin mengerti dengan cara penggunan Pen tool, namun sekarang yang menjadi permasalahan bagaiamana caranya membuat curve yang bentuknya seperti berikut
Karena setelah menarik garis lengkun, kemudian ingin membuat titik lain, batas antara titik satu dengan titik tiga dalam hal ini titik dua tidak bisa membentuk sudut.

Sekarang perhatikan gambar berikut
Garis yang saya beri warna merah adalah garis lengkung, tapi dalam kasus ini saya ingin garis hijau menjadi garis lurus dan titik kuning menjadi sebuah sudut.
Jika ingin membuat curve seperti itu maka langkah yang harus kamu lakukan adalah setelah menarik garis lengkung, tekan tombol [Alt] pada keyboard sambil klik kiri pada titik biru
setelah di klik kiri maka salah satu garis kontrol (garis putus-putus warna biru langit) akan hilang.
Nah sekarang coba geser pointer dan klik kiri pada titik tertentu
Lihat bagaimana hasilnya? Gampang kan?
Terakhir bagaimana cara membuat curve yang modelnya seperti berikut?
Kalau untuk yang ini silahkan belajar sendiri, saya yakin kamu pasti tau.


 Membuat Curve Tertutup

Membuat curve terutup pada dasarnya sama dengan cara membuat curve terbuka, hanya saja pada curve tertutup, titik akhir di hubungkan dengan titik awal sehingga jadilah sebuah curve tertutup.
Caranya adalah setelah kamu sampai pada titik terakhir, klik kiri pada titik awal, maka curvenya akan menutup.

 Perbanyak Latihan

Segala seusatu yang kita lakukan perlu diiringi dengan latihan. Untuk menguasai Pen tool kamu memang perlu memperbanyak latihan, sebagai latihan awal coba buat sebuah curve dengan bentuk seperti berikut dengan Pentool

Post a Comment

Powered by Blogger.